10 Manfaat daun salam

. 2 min read

Daun salam adalah bumbu dapur yang sering di gunakan sebagai aroma masakan. Daun salam biasanya di gunakan sebagai bentuk kering maupun segar, daun salam tentu baik untuk kesehatan mereka yang mengonsumsinya, daun salam juga mengandung senyawa fenolik, flavonoid, minyak atsiri, sponoin dan alkaloid. Lalu apa saja khasiat daun salam bagi kesehatan?

Manfaat daun salam
Manfaat daun salam

10 Manfaat daun salam

1.  Membantu mengatasi resiko penyakit diabetes

Daun salam memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi Penyakit diabetes Kandungan nutrisi di dalamnya mampu membantu menurunkan kadar Glukosa dalam darah, trigliserida, dan kolestrol mengonsumsi daun salam sangatlah dianjurkan bagi para penderita diabetes dan para penderita resistensi insulin. 

2. Membantu mencegah penyakit kanker

Kandungan pada daun salam secara efektif dapat melawan tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh manusia. Kandungan tersebut juga dapat memproteksi diri pertumbuhan sel kanker. Daun salam juga mengandung phytonutrient yang disebut sebagai parthenolide yang telah terbukti ampuh dalam menahan ploferasi terhadap sel kanker serviks.

3. Pengusir serangga

Tak banyak yang mengetahui bahwa daun salam juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir serangga jenis nyamuk. Di dalam kandungan daun salam terdapat asam laurat yang dapat dimanfaatkan sebagai pengusir alami nyamuk. Khusus pada bagian ini adalah dengan menggunakan ekstrak daun salam yang telah diolah menjadi minyak.

4. Membantu mengatasi asam urat

Daun salam dapat difungsikan sebagai obat alami dalam mengatasi asam urat. Di dalam tubuh manusia terkandung zat putin yang jika bertumpuk akan berdampak pada timbulnya asam urat.

5. Membantu mengurangi stress pada kulit

Kulit juga dapat mengalami stress akibat pengaruh cuaca dan pemakaian produk tertentu. Karenanya dibutuhkan bahan alami untuk mengatasi stress pada kulit salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat dari daun salam. Daun salam secara efektif mampu mengatasi stress pada kulit dan dapat mencegah penuaan dini serta keriput.

6. Mengendalikan tekanan darah

Flavonoid merupakan salah satu zat yang ada dalam Syzygium polyanthum. Zat ini mampu membantu tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, tubuh kamu akan mampu mengendalikan tekanan darah.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Daun salam memiliki efek yang sangat kuat pada sistem gastrointestinal, baik merangsang buang air kecil sebagai diuretik, yang menurunkan toksisitas tubuh dan juga merangsang muntah ketika racun masuk ke dalam tubuh. Beberapa protein yang lebih kompleks dalam diet modern sulit dicerna, tetapi enzim unik yang ditemukan di daun salam membantu melancarkan pencernaan dan asupan nutrisi yang efisien.

8. Menyehatkan jantung

Manfaat daun salam untuk jantung karena daun harum ini mengandung senyawa rutin dan asam caffeic. Kedua senyawa ini dapat menguatkan jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak dan berisiko menyebabkan serangan jantung atau stroke.

9. Meredakan nyeri

Manfaat daun salam dapat mengurangi rasa sakit pada penderita segala jenis keseleo, radang sendi, dan masalah sendi, berkat kandungan sifat antiinflamasi dalam daun salam.

10. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun salam untuk kesehatan lainnya dapat mengobati luka dan bekas luka. Ini berkat sifat antibakteri dan antimikroba dalam daun salam.

Kandungan antioksidan daun salam kaya dengan kandungan antioksidan dari vitamin C dan senyawa lain yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Meningkatkan imunitas tubuh dan mengobati sejumlah jenis penyakit.