Apakah kalian tahu apa itu NPWP. Apa kalian pernah di suruh buat NPWP sebagai Syarat melamar pekerjaan. Ya, NPWP itu Nomor Pokok Wajib Pajak. Menurut peraturan yang berlaku setiap orang Warga Negara Indonesia yang sudah berpenghasilan otomastis menjadi wajib pajak sudah memiliki hak dan kewajiban. Salah satunya saja, yaitu membayar pajak penghasilan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku. Kewajiban pemegang NPWP sendiri adalah melaporkan penghasilan wajib pajak melalui surat pemberitahuan (SPT) tahunan, serta menyetorkan pajaknya sesuai besaran yang berlaku.
Bagi Anda yang sudah berpenghasilan dan belum memiliki NPWP perorangan, disarankan untuk segera membuatnya secara offline di kantor pajak terdekat atau pun secara online. Berikut ada informasi terkait cara membuat NPWP online, cara membuat NPWP offline, cara membuat NPWP bagi karyawan, syarat membuat NPWP karyawan, cara membuat NPWP bagi yang belum bekerja serta biaya pembuatan NPWP. Yuk simak penjelasan di bawah ini.

cara membuat npwp

Buat NPWP Online atau Langsung?
Metode pendaftaran NPWP saat ini sudah sangat mudah, bahkan dapat Anda lakukan di atas tempat tidur Anda dengan layanan e-registration dari kantor pajak. Namun kemudahan ini masih terganjal regulasi yang sedikit memakan waktu (14 hari kerja), sehingga untuk pendaftaran NPWP saya lebih menyarankan untuk membuatnya langsung ke kantor pajak karena pembuatan NPWP secara langsung ke kantor pajak hanya 1 hari kerja.

Buat NPWP lewat konsultan atau urus sendiri?
Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengurusan NPWP banyak dilakukan oleh para “konsultan pajak” yang menawarkan kemudahan pembuatan NPWP. Padahal jika Anda tahu, pembuatan NPWP memang tidak sulit jika Anda mau sedikit belajar. Segala materi tentang cara pembuatan NPWP sudah tersedia di blog ini, silahkan Anda pelajari dan jika Anda mengalami kesulitan bisa Anda tanyanyakan langsung di sini.

Tips Membuat NPWP yang Cepat
Datang lah sendiri ke Kantor Pajak terdekat di daerah Anda (bukan diwakilkan konsultan/notaris).
Pastikan KTP Anda sesuai dengan lingkup kerja Kantor Pajak tersebut, jika tidak sama silahkan Anda membuat surat keterangan domisili terlebih dahulu.
Persiapkan persyaratan NPWP dengan lengkap. Persyaratan NPWP bisa Anda baca di sini Persyaratan NPWP Orang Pribadi
Sebagai tambahan, Anda tidak perlu menyiapkan uang dalam jumlah tertentu karena pembuatan NPWP tidak dipungut biaya

Isi formulir pendaftaran NPWP dengan lengkap dan benar, jika Anda ragu silahkan isi sesuai yang Anda tahu dan bisa Anda lengkapi saat petugas memintanya. Silahkan download dan print formulir pendaftaran NPWP di sini : Formulir NPWP atau Anda dapat mengambil langsung di Kantor Pajak.
Serahkan formulir pendaftaran NPWP dan persyaratannya, jawab seperlunya saat ditanya petugas pembuat NPWP.

Secara Aturan, NPWP Anda akan langsung diproses saat itu juga jika sudah dinyatakan lengkap, namun yang perlu Anda tahu NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar harus dikirim lewat POS ke alamat yang Anda cantumkan saat mendaftar. Namun dalam kondisi tertentu seperti alamat yang sangat terpencil, kartu NPWP bisa langsung Anda terima saat itu juga.

Setelah Memiliki NPWP
Jadi kurang lebih seperti itu lah langkah-langkah cara membuat NPWP yang cepat dan benar. Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya selama bertugas di front office kantor pajak. Saat melayani pembuatan NPWP, saya sering menemui masalah-masalah sepele yang kurang dipahami calon pemegang kartu NPWP, sehingga permohonan terpaksa tidak dapat saya proses. Selama persyaratan pembuatan NPWP dapat dipenuhi, maka hari itu juga Anda bisa mendapat kartu NPWP atas diri Anda.

Brebes Tegal

0 / 5

Your page rank:

Top 10 Pilihan Jurusan Kuliah 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code