karir Pendidikan Muhadjir Effendy

Ir. Joko Widodo terpilih kembali menjadi presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 dengan kabinet Indonesia Maju. Jajaran menteri pun dipilih langsung oleh bapak presiden, salah satunya yang ia pilih langsung adalah Muhadjir Effendy sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Muhadjir Effendi sendiri lahir pada tanggal 29 juli tahun 1956 di Madiun. Ia memiliki riwayat pendidikan hingga ke luar negeri. Selain  itu, bermacam-macam organisasi yang ia ikuti serta karir pekerjaan yang sangat cemerlang.

Pada tahun 1991, ia belajar di Victoria University, British Columbia, Canada dengan mengambil Short Course, Management for Higher Education. Kemudian pada tahun 1993 kembali bersekolah di National Defence University, Washington D.C., USA, dengan Short Course, Regional Security and Defence Policy. Selanjutnya ia kembali melanjutkan pendidikan ke Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim yang berada di Malang.

Tidak sampai disitu saja, Muhadjir Effendi melanjutkan pendidikan master nya dengan jurusan Administrasi Publik.  Terakhir beliau belajar di Universitas Airlangga, Surabaya dengan jurusan Ilmu Sosial dan berhasil meraih gelar Doktornya. Selain berjaya di bidang pendidikan, sang menteri ini juga berjaya di bidang organisasi serta pekerjaan.

Pak Effendi pernah menjabat sebagai wartawan majalah SEMESTA pada tahun 1979 hingga 1880, menjabat sebagai sekretaris di kampus IKIP Malang pada tahun 1986. Beliau pun pernah menjadi Pembantu rektor III di Universitas Muhammadiyah Malang pada tahun 1984. Selain itu beliau juga seorang dosen di Universitas Negeri Malang.

Leave a Reply