KERETA API ARGO SINDORO

Kereta api Argo Sindoro adalah kereta api kelas eksekutif argo yang dioperasikan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Jawa dengan jurusan Semarang Tawang – Gambir dan sebaliknya. Sebelumnya, kereta ini adalah kereta api Argo Muria I serta perjalanannya berkebalikan dengan KA Argo Muria saat ini.

KA ARGO SINDORO
KA ARGO SINDORO (foto doc. keretaapikita.com)

Dalam perjalanannya kereta api ini hanya berhenti di Stasiun Pekalongan, Tegal, Cirebon, dan Jatinegara (arah Jakarta).

kelas ekskutif (foto doc. facebook.com)

Nama Argo Sindoro menggunakan nama Gunung Sindoro yang berada di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Pemakaian nama ini karena argo [baca: harga (Jawa)] itu sendiri berarti gunung. Walaupun dahulu brand name atau penamaan argo menandakan fasilitas dan ketepatan waktu yang lebih dari kelas kereta api yang lain, yakni eksekutif, bisnis, maupun ekonomi, sekarang layanan ini tidaklah jauh berbeda dengan kereta api kelas eksekutif pada umumnya.

tampak depan KA argo sindoro (foto doc. kumparan.com)

Saat kereta api Argo Muria sudah mendapatkan kereta terbaru pada tahun 2017, kereta api Argo Sindoro ini menggunakan kereta eksekutif produksi tahun 2002 bekas Kereta api Argo Muria produksi PT Inka. Adapun rangkaian kereta api Argo Sindoro tersebut terdiri atas sebuah lokomotif (Lokomotif CC201, Lokomotif CC203, Lokomotif CC206), delapan kereta eksekutif argo (K1 0 02 XX SMC), satu kereta makan (M1 0 02 XX SMC), kereta pembangkit (P 0 02 XX SMC), Kereta ini terkadang menggunakan pembangkit tipe lamanya (P 0 80/82 XX SMC). Terkadang satu atau dua kereta eksekutif buatan tahun 2017 ini tersambung dalam rangkaian kereta api Argo Sindoro.

Pada 24 Oktober 2018, Kereta api Argo Sindoro menggunakan kereta eksekutif berbodi stainless steel keluaran tahun 2018 produksi PT INKA Madiun.

Pada 8 April 2019, Kereta api Argo Sindoro kembali menggunakan rangkaian Ex Argo Bromo Anggrek yang ditukarkan dengan Rangkaian stainless steel untuk keperluan Kereta Api Argo Bromo Anggrek yang sebelumnya telah mendapat jatah 3 Set Rangkaian + 1 Set Rangkaian stainless steel. Seluruh rangkaian stainless steel Argo Sindoro telah menjadi Rangkaian Argo Bromo Anggrek dan Rangkaian milik Argo Bromo Anggrek yang berisikan 1 Kereta Pembangkit, 1 Kereta Makan, dan 9 Kereta Penumpang kini telah menjadi milik Argo Sindoro

Brebes Tegal

0 / 5

Your page rank:

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
stasiun Slawi

STASIUN SLAWI

Next Post
DISDUKCAPIL KAB TEGAL

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEGAL

Related Posts
Total
0
Share