Latar Belakang Menristek, Bambang Brodjonegoro

 

Baru-baru ini pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih dilaksanakan, yakni pada tanggal 20 oktober tahun 2019 lalu. Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang terpilih adalah bapak Ir. Joko Widodo dan bapak KH. Ma’ruf Amin. Setelah dilantiknya presiden Indonesia yang baru, tepat pada tanggal 23 oktober 2019, bapak Jokowi melantik para jajaran menteri kabinet Indonesia Maju jilid II periode 2019 hingga 2024.

Sekian banyak menteri yang terpilih, salah satunya adalah bapak Bambang Brodjonegoro selaku Menristek. Beliau memiliki nama lengkap Profesor Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, S.E, M.UP. Sebelum ditetapkan dan dilantik menjadi seorang menteri, beliau rupanya seorang akademisi, terbukti dengan menjadi staf pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Kemudian menjadi ketua jurusan Ekonomi pada tahun 2002 hingga 2005 dan selanjutnya menjadi dekan termuda di Fakultas Ekonomi Di Universitas Indonesia pada tahun 2005 hingga tahun 2009 silam.

Selain itu, beliau juga sempat menjadi visiting fellow dalam The Indonesia Project Australian National University pada Desember 2004. Beliau juga mendapatkan Eisenhower Fellowships dalam The single Region Program. Pencapaian karir yang melambung didukung oleh jenjang pendidikan yang pernah diembannya.

Beliau adalah seorang profesor Universitas Indonesia dan sebelumnya, beliau mendapatkan gelar sarjana juga di Universitas indonesia. Selanjutnya bapak Bambang kemudian juga mengantongi gelar doktor bidang tata wilayah dan perkotaan dari University of Illinois at Urbana-Champaign pada 1997. Sungguh pencapaian pendidikan dan karier yang luar biasa.

 

Leave a Reply