Latar Belakang Pendidikan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian

Tito Karnavian, eks kapolri Jenderal (pol) yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Ia dipilih langsung oleh Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 5 tahun ke depan. Tepat tanggal 23 oktober lalu, Tito bersama menteri-menteri lainnya dilantik oleh presiden terpilih, bapak Ir. Joko Widodo.

Menjadi salah satu menteri di kabinet Indonesia Maju, Tito Karnavian Harus melepaskan jabatannya sebagai Kapolri. Selain sebagai kapolri jenderal, banyak sekali riwayat jabatan yang pernah ia duduki.

Berawal dari tahun 1987, ia menjabat sebagai Pamapta Polres Metro Jakarta Pusat sekaligus Kanit jatanras Reserse Polres Metro Jakarta Pusat Polda metro jaya. Kemudian di tahun 1991 ia kembali menjabat sebagai Wakapolsek Metro Senen Jakarta Pusat dan tahun 1996 sebagai sespri kapolda metro jaya.

Selain jabatan-jabatan di atas, masih banyak lagi karir beliau di bidang keamanan.  Bahkan ia sempat menjabat di Kapolda papua pada tahun 2012.  Namun pada tahun 2015 beliau kembali menjabat kapolda Metro Jaya. Terakhir beliau menjabat sebagai Kapolri mulai dari tahun 2016 hingga 2019 menjelang terpilihnya sebagai Menteri Dalam Negeri.

Banyaknya riwayat jabatan ia miliki sudah barang tentu karena latar belakang pendidikannya. Bermula dari Sekolah Dasar tahun 1976 di Xaverius  4 Palembang, kemudian melanjutkan ke SMP Xaverius 2 palembang tahun 1980. Tidak berhenti di situ, ia kembali melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 2 palembang di tahun 1984 hingga ia menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Beliau pun pernah bersekolah di inggris dan New zealand.

Leave a Reply