Mengenal Pratikno dan karir Pendidikannya

Kabinet Indonesia Maju jilid I telah berakhir di masa pemerintahan Bapak Presiden Jokowi dan wakil Presiden Jusuf Kalla dengan masa jabatan 2014-2019. Kini Kabinet Indonesia Maju jilid II telah berlangsung di bawah pemerintahan Presiden Republik Indonesia yang terpilih yaitu Bapak Ir. Joko Widodo bersama wakil Presiden bapak KH. Ma’ruf Amin.

Pemerintahan baru juga menyebabkan terjadinya perombakan anggota menteri yang ada dalam kabinet sebelumnya. Salah satu menteri baru yang terpilih adalah bapak Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara.

Bapak Pratikno lahir pada tanggal 13 februari tahun 1962 di Bojonegoro. Banyak sekali pencapaian-pencapaian yang ia dapatkan. Salah satu yang sangat menakjubkan adalah beliau tercatat sebagai rektor ke 14 Universitas Gadjah Mada yang menjabat sejak tahun 2012. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Mensesneg di tahun 2014 dan ia sangat dikenal sebagai akademisi yang hebat. Kini beliau menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara periode 2019- 2024.

Pencapaian yang luar biasa itu tentunya di dasari dari latar belakang pendidikan yang ia tempuh. Gelar Profesor Ilmu Politik yang beliau miliki diberikan dari kampus Universitas Gadjah Mada. Sebelum menjadi seorang profesor, beliau menimbah ilmu di negara luar tepatnya di University of Birmingham, Inggris dengan gelar Magister Administrasi Pembangunan. Selanjutnya  ia mengambil pendidikan kembali untuk meraih gelar doktor di Flinders University, Australia dengan jurusan Ilmu Politik.

Leave a Reply