Mengenal Riwayat Pendidikan Meneteri Kemaritiman, Luhut B Pandjaitan

Tepat pada tanggal 20 oktober 2019 kemarin, Presiden Republik Indonesia Ir, Joko Widodo bersama wakil presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin dilatik. Sebagai tindakan pertama yang dilakukan, presiden pun melantik beberapa menteri kabinet Indonesia Maju pada tanggal 23 oktober 2019,  salah satunya adalah Luhut B Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Luhut B Pandjaitan lahir pada tanggal 28 september 1947 Tepatnya di Toba Samosir, Medan. Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara, yang memiliki karir di bidang pemerintahan sebagai prajurit. Selain itu, beliau juga memiliki usaha tambang batu bara dengan saham yang dimiliki sebesar 9,99% di PT Toba Bara Sejahtera.

Luhut juga pernah menjabat beberapa posisi penting di pemerintahan Indonesia. Diantaranya adalah sebagai duta besar RI untuk Singapura pada tahun 1999-2000,  menteri Perindustrian dan Perdagangan pada tahun 2000, Kepala Staf Kepresidenan di tahun 2014, dan juga Menko Polhukam di tahun 2015. Kedepan Luhut B Pandjaitan kembali memiliki posisi penting sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman di tahun 2016 hingga 2019.

Pencapaian yang ia miliki saat ini sudah pasti didasari dari latar belakang pendidikan yang ditempuh. Diketahui bahwa Pak Luhut pernah bersekolah di Bandung, tepatnya di SMA Penabur. Kemudian ia melanjutkan pendidikan akademi militer pada tahun 1970 dan master in public Administration di George Washington University, Amerika Serikat. Terakhir ia bersekolah di National Defense University, Amerika Serikat.

Leave a Reply