Riwayat Pendidikan Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi

Retno Lestari Priansari Marsudi, perempuan kelahiran semarang pada tanggal 27 november 1962  ini kembali terpilih menjadi menteri Luar Negeri periode tahun 2019-2024. Kepercayaan yang diberikan kepadanya bukanlah hanya sekedar saja, namun karena pencapaiannya yang sangat luar biasa.

Ibu Retno Pernah belajar di Universitas Gadjah Mada pada tahun 1981 dan mengambil jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Kemudian beliau melanjutkan pendidikan ke luar negeri, tepatnya Haagse Hogeschool untuk mempelajari undang-undang Uni Eropa. Selanjutnya ia kembali melanjutkan pendidikan Hak Asasi Manusia di Universitas Oslo.

Jenjang Pendidikan yang tinggi menjadikan ibu Retno memiliki karir yang menjulang diantaranya, pada tahun 1986 ia menjadi staf di biro Analisa dan Evaluasi untuk kerja sama ASEAN. Kemudian melanjutkan karirnya dengan bertugas di kedutaan Besar Indonesia di Canberra pada tahun 1990.

Tidak berhenti disitu saja, tahun 1997 ia terpilih menjadi sekretaris satu bidang ekonomi di KBRI Belanda dan setelah itu ia menjadi Direktur kerjasama Intra dan Antra Regional Amerika dan Eropa pada tahun 2001.

Tahun-tahun berikutnya karir ibu retno semakin melejit, seperti menjadi Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Norwegia tahun 2005, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa tahun 2008, bahkan di tahun 2012 ia terpilih sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk kerajaan Belanda. Hal menarik lainnya dari Ibu Retno adalah ia dipilih menjadi Menteri Luar Negeri sejak 2014 silam hingga kini terpilih kembali.

Leave a Reply