Nama Yasin Limpo resmi diumumkan sebagai salah satu menteri di Kabinet Indonesia Maju periode kedua Presiden Jokowi. Yasin  akan bersama beberapa menteri lain yang ditunjuk langsung oleh presiden mengembang tugas hingga lima tahun mendatang. Siapakah sosok Yasin Limpo ini dan bagaimana sejarahnya sebelum jadi menteri?

Karir Sebelum Yasin Limpo jadi Menteri Jokowi

Setelah datang ke Istana Kepresidenan pada 22 Oktober 2019 memakai celana bahan warna hitam dan kemeja putih lengan panjang. Yasin  secara resmi ditunjuk sebagai Menteri Pertanian untuk lima tahun mendatang, yakni periode 2019-2024. Pasca kunjungan tersebut, pria yang lahir di Makassar 16 Maret 1955 ini menyampaikan tugas untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia di sektor pangan.

Mendengar namanya tentu sudah bisa ditebak bahwa Yasin  merupakan putra dari mendiang Muhammad Yasin Limpo. Beliau sendiri merupakan salah satu tokoh pergerakan yang sangat terkemuka di Sulawesi Selatan. Sebelum hijrah ke Jawa, Yasin meniti karir politiknya di Sulawesi Selatan usai resmi dilantik menjadi PNS.

Yasin menjadi PNS di Sulawesi Selatan pada tahun 1980, dan berlanjut pada beberapa posisi strategis di sistem pemerintahan. Salah satunya sempat menjabat sebagai Sekretaris Wilayah Daerah Tingkat II Kab. Gowa tahun 1991. Tahun 1993 Yasin kemudian masuk ke Partai Golkar, dan menjabat sebagai Bupati Gowa periode 1994-2002.

Sebagai Menteri Pertanian, Jokowi menugaskan beliau untuk memenuhi kebutuhan pangan rakyat dengan meningkatkan produktivitas di sektor pertanian.

Brebes Tegal

0 / 5

Your page rank:

AKM 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code